Kamis, 26 Mei 2011

Perahu Termasyhur di Dunia Milik Indonesia

Akbar Cullen -


"Perahu Pinisi"


       Bugis merupakan kelompok etnik dengan wilayah asal Sulawesi Selatan. Penciri utama kelompok etnik ini adalah bahasa dan adat-istiadat, sehingga pendatang Melayu dan Minangkabau yang merantau ke Sulawesi sejak abad ke-15 sebagai tenaga administrasi dan pedagang di Kerajaan Gowa dan telah terakulturasi, juga dikategorikan sebagai orang Bugis. Berdasarkan sensus penduduk Indonesia tahun 2000, populasi orang Bugis sebanyak sekitar enam juta jiwa. Kini orang-orang Bugis menyebar pula di berbagai provinsi Indonesia, seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Papua, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Orang Bugis juga banyak yang merantau ke mancanegara.
    Suku Bugis Makassar adalah salah satu pewaris bangsa bahari. Banyak bukti yang menunjukkan kepiawaian mereka menguasai laut dengan perahu layar. Perantauan mereka sudah terkenal sejak beberapa abad lalu.Dalam melakukan pelayaran ke berbagai penjuru Nusantara maupun negara lain,seperti Malaysia,Australia Utara,Madagaskar,sampai Kanada.Para pelaut Bugis Makassar menggunakan alat transportasi tradisional yaitu perahu. Perahu yang mereka gunakan itu ada beberapa jenis. Salah satu jenis yang digunakan dalam kurun waktu terakhir ini ialah perahu Pinisi. Perahu Pinisi telah digunakan oleh pelaut Bugis Makassar sejak ratusan tahun lalu. 

Foto-Foto Kapal Pinisi Antara Lain :









    Pelayaran 72 hari menempuh rute Jakarta-Vancouver pada tahun 1986 merupakan pelayaran emas yang pertama dan terakhir bagi kapal layar tradisional Indonesia Pinisi Nusantara.. Ketika itu Phinisi berlayar guna mengikuti Vancouver Expo'86 Kanada, sekaligus memenuhi obsesi pemerintah Indonesia memperkenalkan dunia bahari Indonesia di mata internasional. Hasilnya memang positif. 

Untuk menghargai Kapal Pinisi Ini Pemerintah Pernah memuat Gambar/lambang Perahu Pinisi Kedalam Mata Uang Rupiah (Indonesia).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar